Tuesday, June 29, 2010

Syarat dan Ketentuan Kompetisi Film Psychocinema Festival 4

Ketentuan Umum:

1. Film yang diikutsertakan harus mengangkat tema “Change Yourself, Change Others”.

2. Kompetisi ini terdiri atas dua kategori, yaitu Kategori Film Fiksi dan Kategori Film Dokumenter.

3. Untuk Kategori Fiksi, film bukan merupakan sebuah film dokumenter dan bukan merupakan kumpulan slide foto maupun video clip musik.

4. Untuk Kategori Film Dokumenter, film tersebut harus merupakan film dokumenter, dimana seluruh tokoh dan peristiwa dalam film harus merupakan hal yang nyata tanpa ada unsur rekaan.

5. Film yang dibuat tidak diperkenankan merendahkan atau mengina salah satu unsur SARA (Suku, Agama, dan RAS) tertentu, serta tidak mengandung unsur PORNOGRAFI.

6. Film yang diikutsertakan berdurasi minimal 7 menit dan maksimal 10 menit untuk Kategori Film Fiksi, serta berdurasi minimal 10 menit dan maksimal 15 menit untuk Kategori Film Dokumenter. Keduanya sudah termasuk credit title.

7. Film yang diikutsertakan harus dalam format DVD.

8. Peserta wajib menyertakan sinopsis film maksimal 1 paragraf (maksimal 500 kata) dengan format ketik pada kertas ukuran A4, font Times New Roman 12, spasi 2.

9. Film yang diikutsertakan belum pernah memenangkan kompetisi atau festival film lain dan bukan merupakan karya yang meniru film lain (dalam hal isi cerita) dan boleh merupakan produksi sebelum tahun 2010.

10. Bahasa yang dapat digunakan di dalam keseluruhan film adalah bahasa Indonesia, bahasa asing, maupun bahasa daerah. Jika menggunakan bahasa asing atau bahasa daerah diwajibkan untuk mencantumkan terjemahan bahasa Indonesia, dengan mencantumkan nama penerjemah pada credit title.

11. Peserta Kompetisi Film dapat merupakan sebuah kelompok (jumlah tidak dibatasi) yang terdiri dari beberapa orang yang membuat film bersama atau perorangan (individual). Tidak ada batasan usia untuk mengikuti kompetisi film dalam Psychocinema Festival 4.

12. Setiap peserta yang terdaftar hanya boleh mengikutsertakan satu (1) buah film saja.


Prosedur Persyaratan Administratif:

1. Peserta wajib melakukan registrasi dengan cara online melalui website Psychocinema Festival 4 http://psychocinemafestival.blogspot.com

Registrasi DIBUKA sejak tanggal 2 Agustus hingga 9 Oktober 2010.

2. Setelah mengisi lembar formulir registrasi secara online, peserta akan mendapat nomor booking yang akan dikirim melalui e-mail psychocinemafest@gmail.com ke e-mail peserta yang dicantumkan pada lembar formulir registrasi online. E-mail yang berisi nomor booking tersebut harus dicetak oleh perserta sebagai bukti keikutsertaan dalam kompetisi film ini.

3. Peserta diminta untuk mentransfer uang pendaftaran sebesar Rp 75.000,- (Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah) ke rekening:
Rek. Giro Bank Mandiri
KCP Jakarta RS Jakarta
a/n Fakultas Psikologi Atma
122.00.0303005.6
Bukti transfer kemudian di-scan dan dikirim ke e-mail panitia.


4. Pengumpulan film harus dikemas dalam sebuah amplop coklat yang berisi:
 4 keping DVD Film (1 master dan 3 copy).

 Sinopsis film yang diikutsertakan dalam kompetisi.

 Hasil cetak nomor booking (lembar formulir registrasi dari e-mail yang dikirim oleh panitia setelah registrasi online).


5. Pengumpulan film dapat dilakukan melalui 2 cara (dengan menghubungi contact person terlebih dahulu), yaitu :

• Diserahkan sendiri oleh peserta yang terdaftar sesuai dengan data registrasi online dan diwajibkan membawa kartu identitas diri pada tanggal 4 Oktober - 9 Oktober 2010 di UNIKA Atma Jaya.

• Dikirimkan melalui pos ke alamat :
Sekretariat Fakultas Psikologi UNIKA Atma Jaya, Gedung C Lt. 4. Jl. Jenderal Sudirman No. 51, Jakarta 12930
Film yang dikirim melalui pos harus diterima oleh panitia paling lambat tanggal 9 Oktober 2010.
CONTACT PERSON: DITA (0812 965 0135), ANEZ (08569 33333 52)


Prosedur Penjurian:

1. Dari keseluruhan film yang masuk, panitia akan melakukan seleksi awal untuk menghasilkan 20 film finalis. Kriteria yang digunakan panitia untuk melakukan seleksi awal adalah memenuhi seluruh persyaratan administratif dan ketentuan umum yang tertera di atas.

2. Setelah lolos dalam tahap seleksi awal, 20 film tersebut akan melalui tahap penilaian oleh Dewan Juri (nama-nama dewan juri akan diberitahukan kemudian). Penjurian akan menentukan 10 film finalis yang akan diputar dalam rangkaian acara Psychocinema Festival 4, yaitu pada tanggal Kamis, 18 November 2010 hingga Sabtu, 20 November 2010.

3. Daftar 10 film finalis terpilih akan diumumkan pada website Psychocinema Festival 4 http://psychocinemafestival.blogspot.com pada tanggal 7 November 2010.

4. Keputusan Dewan Juri akan menghasilkan 3 pemenang untuk masing-masing kategori, yaitu:

Juara 1 : Rp. 2.000.000,00 + Trophy
Juara 2 : Rp. 1.500.000,00 + Trophy
Juara 3 : Rp. 1.000.000,00 + Trophy

5. Penonton yang datang untuk menonton 10 film finalis akan melakukan voting untuk menghasilkan penghargaan “The Most Favorite Movie”. Hadiah yang akan diberikan kepada film yang terpilih tersebut adalah trophy dan sertifikat.

6. Seluruh nama pemenang dan penyerahan hadiah akan diumumkan pada acara penutupan Psychocinema Festival 4 pada Sabtu, 20 November 2010 yang bertempat di Usmar Ismail Hall di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail.


Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan oleh Peserta:

1. Peserta wajib memperhatikan jenis keping DVD yang compatible dengan beberapa jenis pemutar DVD. Panitia tidak akan bertanggungjawab atas keping DVD yang tidak terbaca dan akan langsung gugur pada seleksi awal.

2. Apabila dalam pengiriman pos terdapat kerusakan fisik pada keping DVD, maka panitia akan menghubungi peserta untuk membicarakan mengenai tindak lanjut yang harus dilakukan.

3. Seluruh film yang masuk ke meja panitia akan menjadi hak milik panitia Psychocinema Festival 4.

4. Seluruh peserta yang masuk sebagai finalis, wajib hadir dalam acara penutupan Psychocinema Festival 4 pada Sabtu, 20 November 2010.

5. Seluruh keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat. Panitia tidak akan melayani protes peserta dalam bentuk apapun atas keputusan dewan juri.

3 comments:

  1. “Change Yourself, Change Others”.

    maksud dari tema itu apa ya?

    ReplyDelete
  2. mau nanya,

    jurinya siapa aja ya?

    makasih
    edohitam

    ReplyDelete
  3. @anonymous : Tema movie competition ini sebenarnya merupakan tema turunan yang mengacu pada tema besar acara cinema 4, yaitu "the creator". Jadi tema ini menyangkut tentang bagaimana seseorang atau sekelompok orang bisa menciptakan suatu perubahan bagi dirinya sendiri dan orang lain.

    @edohitam : Untuk mengenai juri, nanti akan diberitahukan lebih lanjut lagi .

    Terimakasih :)

    ReplyDelete